Jumat, 04 Juli 2008

FASHION BRANDING 2



Berikut adalah Tanya jawab CONCEPT Magz dengan Sakti Makki tentang branding…

SULITKAH MELAKUKAN BRANDING ?

Tantangannya banyak. Proses branding merupakan proses yang luar biasa rumit dan kompleks. Pertanyaannya adalah, orang yang bersangkutan paham tidak, bahwa dimensi dari membangun sebuah brand tidak bisa hanya lewat satu titik.

DARI MANA MEMULAINYA ?

Proses branding dimulai dari dalam ke luar. Proses pembentukan dalam menggodok produknya , membangun konsep pelayanannya, marketingnya, dsb merupakan internal branding. Begitu dia mulai bicara sama public, sama dunia luar, dia baru mulai eksternal branding.

LANGKAH APA SAJA YANG HARUS DITEMPUH UNTUK MENJADI BRAND BESAR ?

Kalau kita kembali pada orangnya, manusia bersangkutan harus mencari tahu di mana perbedaan dia dengan yang lain. Sama halnya dengan Clothing, dia jualan produk. Kalau mengaku berbeda, bedanya di mana ? Di harga, di tampilan, di servis, harus dia sendiri yang menentukan. Apakah lokasi, cara berpromosi, cara mengikat konsumennya, cara berbicara kepada konsumen, pricing, packaging, banyak sekali.

JADI PERBEDAAN ADALAH KEHARUSAN ?

Itu rumus dasar. Kalau tak beda jangan bilang Brand. Di Mangga Dua ada Gucci, ada Gucca, ada Gucco, tak ada font-nya.Karena mereka tidak mencari pembeda, tapi justru mencari persamaan. Menyamakan dirinya dengan brand lain supaya cepat terkenal. Pertanyaannya, kalau mau jadi sama, mengapa bikin Brand ? Beli saja brand-nya, selesai ?
Jadi….?

Nantikan diposting lanjutannya yaa…. Masih panjang nih…. Tapi makin seru…

Tidak ada komentar: