Minggu, 06 Juli 2008

FASHION BRANDING 4



BAGAIMANA DENGAN PERUBAHAN LOGO ?

Apa pointnya ganti Logo kalau dia tetap bajingan. Penjahat masuk bui, bajunya begitu. Suatu hari keluar ganti baju tapi tetap nyolong, apa pointnya ? Tetap dia penjahat, Cuma bajunya kerenan! Buat saya, kalau mau buat brand lebih baik, jangan ganti baju, ganti kelakuan atau orangnya. Komunikasi dan lain-lain pasti mengikuti kelakuan.

BERIKLAN DI MEDIA JUGA BAGIAN DARI BRANDING, NAMUN BANYAK YANG MENILAINYA MAHAL. BAGAMANA MENURUT ANDA ?

Saya tidak mau bicara soal budget. Tapi konsep berperilaku, berekspresi dan berkomunikasi (BEC- Red) adalah mutlak. Pertanyaan saya, mau berapa cepat dia mencapai posisi yang diinginkan, mau seberapa kencang dia dikenal, mau seberapa tinggi awareness yang mau dia bangun. Itu ada rumusnya. Harus mau investasi. Investasi itu ada tiga konteksnya. Waktu, tenaga, dan uang. Kalau tenaganya sedikit, waktunya sedikit, tapi uangnya banyak, pasti tercapai. Dibalik tetap sama. Uangnya tak ada, tapi ada waktu dan ada tenaga, tercapai juga. Mungkin brand itu baru diketahui 50 tahun lagi. Tapi kalau tak punya uang tapi punya waktu dan tenaga, jalani saja itu terus tiap hari. Ya, branding jangka panjang…..

KEMBALI KE JUDUL, SIAPA DALAM DUNIA FASHION YANG MENURUT ANDA BRANDING-NYA SUKSES ?

Saya tidak terlalu mengamati dunia Fashion. Beberapa nama sering saya dengar. Tapi dari kaca mata saya, Dolce & Gabbana termasuk salah satu fashion brand yang bergerak sangat cepat. Saya tau mereka bukan berniat cepat, tapi jadi cepat karena dilengkapi beberapa factor. Selain dilengkapi tiga factor tadi (BEC- Red), mereka juga tampil (show, red) kemana-mana bawa brand-nya. Public Awarness-nya pun sangat tinggi. Desainer yang relatif lebih mapan, nama-nama yang kayak GUESS?, sekarang bertahan sebisa mungkin untuk membangun brand-nya. Kalau local saya kurang paham, Yang saya tahu sudah berusaha cukup lama, Bin House. Itu salah satu yang bisa mempertahankan posisi mereka di sana. Mereka sudah mengeluarkan beberapa brand lain, yang barangkali tidak sepopuler brand-nya sendiri, tapi dinaungi oleh satu paying, Bin House. Nama lain, Biyan cukup lama berkiprah. Kalau yang baru-baru mungkin seperti Sebastian Gunawan. Dia punya tekanan tertentu. Ibaratnya, kalau mukul, gerakannya lebih lambat tapi sentakkannya lebih besar !

Nah….. masih ada posting terakhir yang pasti tidak kalah pentingnya, silahkan dilanjutkan di FASHION BRANDING 5

1 komentar:

Koran Saya mengatakan...

Menurut saya yang brandingnya cukup sukses adalah nike, karena punya image yang sangat bagus.